Menjadi Seorang Petugas Pemadam Kebakaran

Asuransi kebakaran memang bisa melindungi financial kita akibat terjadinya musibah kebakaran. Akan tetapi, pada saat musibah ini terjadi, asuransi ini tidak bisa membantu kita untuk menyelamatkan diri atau memadamkan api. Itulah sebabnya, kita membutuhkan bantuan petugas pemadam kebakaran di saat musibah ini terjadi. Apalagi, jika kebakaran yang terjadi cukuplah besar, maka kehadiran petugas ini sangatlah diperlukan.
Petugas pemadam kebakaran atau petugas damkar ini memang sangat bermanfaat dan menolong sekali. Sebab, mereka tidak hanya terlatih untuk menyelamatkan korban yang terjebak saja, tetapi juga memiliki berbagai peralatan untuk pemadaman api. Seperti berbagai tipe kendaraan yang digunakan oleh kesatuan damkar yang memiliki fungsi berbeda namun saling mendukung untuk memadamkan api. Bahkan, tidak jarang mereka rela menerjang bahaya yang sangat berisiko bagi nyawanya sendiri untuk menolong korban yang sedang terjebak. Meskipun pekerjaan ini sangat berbahaya, ternyata cukup banyak loh masyarakat yang berminat untuk menjalani profesi ini.

Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang berminat dengan profesi ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya. Tidak hanya mendaftarkan diri saja pada saat ada proses rekruitmen, tetapi juga kamu harus mempersiapkan dirimu sebelumnya. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Menjadi voluntir

Jika kamu benar-benar ingin menjadi seorang petugas, sebaiknya mulailah berkunjung ke kantor pemadam kebakaran terdekat. Cobalah untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Mintalah pada mereka untuk menceritakan bagaimana pengalaman mereka saat bekerja, dan kesulitan apa sajakah yang sudah pernah mereka alami. Kamu bisa memulai dengan mengobrol hal yang ringan terlebih dahulu, dan setelah beberapa kali pertemuan barulah membicarakan topik yang lebih berat. Dengan mendengar langsung pengalaman baik dan buruk mereka, kamu akan bisa meyakinkan dirimu lagi apakah kamu memang benar-benar siap menjadi seorang petugas damkar. Jika memungkinkan, kamu bisa mengajukan diri untuk menjadi voluntir yang akan membantu mereka dalam mengerjakan pekerjaan mudah yang tidak membutuhkan pelatihan khusus.

  • Berkelakuan baik

Hindari melakukan apapun yang bisa membuatmu terlibat sebuah masalah, apalagi jika sampai berhubungan dengan hukum. Sebab, salah satu dokumen yang harus terpenuhi saat mendaftar menjadi petugas damkar adalah SKCK (Surat keterangan kelakuan baik) yang dikeluarkan oleh kepolisian. Sekali saja kamu melakukan kesalahan, maka impianmu menjadi seorrang petugas damkar akan hancur, jadi berhati-hatilah dalam bersikap.

  • Mengikuti proses rekruitmen

Jika kamu sudah benar-benar merasa yakin untuk menjadi seorang petugas damkar, maka hal yang harus kamu lakukan adalah mengikuti proses rekrutmen. Jika kamu lulus tes, maka selanjutnya kamu akan mendapatkan pelatihan-pelatihan khusus.
Salah satu syarat wajib untuk menjadi seorang petugas damkar adalah sehat Jasmani. Hal ini wajar, mengingat pekerjaan ini membutuhkan ketahanan fisik, jadi pastikan kamu menjaga kesehatanmu dengan baik ya. (Vita)

Comments