Monday, January 2, 2017

Cara Merawat Mata Bor

Leave a Comment
Bor adalah alat industri yang digunakan untuk melubangi suatu material, misalnya kayu, besi, dinding, dan berbagai material lain. Meskipun tidak semua rumah memiliki alat ini, namun jumlah yang memilikinya tidaklah sedikit. Sebab, alat ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk rumah tangga, meskipun mungkin penggunaannya tidaklah begitu sering. Selain itu, kemudahan dalam mencari alat ini dan harganya yang masih cukup terjangkau membuat mereka merasa lebih baik memilikinya sendiri daripada harus mencari pinjaman saat membutuhkan.

Masalahnya, karena penggunaannya cukup jarang sehingga terkadang alat ini justru mengalami kerusakan ketika ingin digunakan. Khusunya, kerusakan pada bagian mata bor. Padahal, jika sudah begini maka alat ini tidak akan lagi bisa digunakan. Nah, supaya hal ini tidak terjadi, lakukan cara merawat bor berikut ini:

  • Asah mata bor

Pada umumnya bor tidak digunakan untuk material yang berbahan lunak, karena itulah penting untuk menjaga mata bor tetap kuat saat digunakan. Pengasahan ini juga tidak hanya memperhatikan ketajamannya saja, tetapi juga harus tetap menjaga tingkat kemiringannya agar tetap efektif maksimal saat digunakan. Untuk melakukan pengasahan ini ada beberapa alat yang bisa digunakan, yaitu rautan bor, pengasah bor, jig gerinda, atau oilstone. Tenang saja, tidak sulit kok jika ingin menemukan berbagai benda ini. Sebab, toko alat perkakas biasanya memilikinya, atau jika kamu malas keluar, maka bisa juga memesan secara online. Hanya saja, jika kamu membeli secara langsung kamu bisa sekaligus minta diajari bagaimana cara menggunakannya agar kamu tidak melakukan kesalahan saat mengasah mata bor.

  • Jaga agar tidak berkarat

Mata bor pada umumnya terbuat dari besi, sehingga sangat berisiko berkarat. Jika sudah begini, mengasahnya juga tidak akan begitu bermanfaat, karena karat ini dapat berpengaruh pada kekuatan mata bor. Jadi, meskipun sebenarnya mata bor masih cukup tajam, namun bisa saja tidak mampu bekerja secara maksimal. Untuk itulah, penting untuk menjaga mata bor agar terhindar dari karat. Misalnya, dengan menjaga kebersihan mata bor setelah digunakan, dan lapisi permukaan mata bor dengan sedikit minyak. Namun ingat, jangan sampai terlalu basah ya.
Nah, jadi sudah tahu kan bagaimana cara merawat mata bor yang tepat? (Vita)

0 komentar:

Post a Comment

.