Berbelanja Barang dari Luar Negeri? Gak Masalah

Dijaman sekarang, hampir semua orang memanfaatkan teknologi Paket Internet Cepat dan Murah. Apalagi dengan hadirnya smartphone yang semakin mempermudah mereka dalam menggunakan teknologi ini. Kapanpun dan dimanapun, mereka bisa memanfaatkan internet untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka. Dari mulai berkomunikasi dengan kerabat melalui social media atau media chatting, mencari informasi, hingga membeli berbagai benda yang mereka butuhkan. Bahkan, tidak jarang mereka membeli benda yang dibutuhkan meskipun benda tersebut hanya dijual diluar negeri.
Yap, memang internet sangat mempermudah. Jika kita dulu hanya bisa menitip pada teman yang kebetulan sedang keluar negeri ketika menginginkan benda di negara tersebut, sekarang kita bisa membelinya sendiri. Hanya perlu memanfaatkan teknologi internet, maka proses transaksi pun dapat terjadi. Hanya saja, kamu yang tertarik melakukantransaksi ini sebaiknya waspada, karena jarak toko yang cukup jauh akan menyulitkanmu jika ingin melakukan complain saat terjadi masalah.
Agar aman saat membeli barang diluar negeri secara online, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:


  • Carilah situs yang terpercaya
Ada banyak situs yang melayani pembelian dan pengiriman ke berbagai negara. Namun, tentunya tidak semua toko ini dapat kamu percaya. Carilah toko yang sudah memiliki reputasi baik untuk pengiriman ke negara lain selain di lokasi toko tersebut berada. Namun, jika ternyata barang yang ingin beli tidak ada di toko tersebut, dan hanya ada di toko yang lain, cobalah cari informasi terlebih dahulu mengenai toko tersebut.

  • Baca aturan pembelian
Jangan malas membaca. Baca seluruh aturan pembelian secara detail, sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi. Hal ini akan membantumu agar tidak terjadi masalah selama masa transaksi. Selain itu, dengan mengetahui seluruh aturannya, akan mempermudahmu juga dalam melakukan komplain atau menanyakan sesuatu seputar transaksi yang kamu lakukan.

  • Baca aturan pengiriman
Jika di Indonesia, mungkin kita sudah terbiasa dengan membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus agar ongkos kirimnya dapat digabungkan. Hal ini berkaitan dengan aturan perhitungan ongkos kirim yang dihitung per 1 kilogram. Namun, untuk pengiriman luar negri itu memiliki perhitungan yang berbeda. Beberapa perusahaan logistik menghitung ongkos atau tarif pengiriman berdasarkan per 1 gram. Jadi, jangan berharap untuk membeli beberapa barang sekaligus supaya ongkos kirimnya murah ya.

  • Pilih perusahaan logistik yang terpercaya
Pastinya toko online akan menawarkan beberapa opsi perusahaan logistik yang bisa digunakan. Berhati-hatilah dalam menentukan, jangan hanya melihat dari harga yang murah saja. Jangan lupa, bahwa pengiriman antar negara jauh berbeda dengan pengiriman dalam negeri. Ada urusan pajak dan administrasi lainnya, apalagi jika barang yang kamu beli harganya cukup mahal. Selain itu, ada juga perusahaan logistik yang membutuhkan waktu hingga beberapa bulan untuk proses pengirimannya. Karena itulah, lebih berhati-hati ya dalam menentukan perusahaan logistik yang digunakan. (Vita)

Comments