Monday, August 8, 2016

Bentuk Penghargaan Terhadap Diri Sendiri

Leave a Comment
Mendapat penghargaan? Hmm... pasti seneng yah. Apalagi kalo berupa hadiah, entah itu barang yang cukup bernilai, atau voucher belanja Sodexo untuk berbelanja di merchant Sodexo, pasti tetap saja menyenangkan. Apalagi, kalau penghargaan ini diberikan setelah kita berhasil menyelesaikan tugas yang membutuhkan banyak sekali usaha. Pasti rasanya akan semakin berharga kan? Ditambah lagi penghargaan ini diberikan oleh orang yang sangat kita harapkan, wah kurang lengkap apa lagi coba?Akan tetapi, tahukah kamu kalau sebenarnya ada penghargaan yang jauh lebih berharga daripada penghargaan yang diberikan oleh siapapun, namun sayangnya sering terlupakan. Sekalinya seseorang memiliki ini, justru malah cenderung berlebihan. Jadi, penghargaan apakah itu? Jawabannya yaitu, penghargaan terhadap diri sendiri. Yap, menghargai diri sendiri sebenarnya jauh lebih penting da berharga daripada penghargaan yang diberikan oleh orang lain. Coba saja dipikirkan, jika seseorang saja tidak bisa menghargai dirinya, bagaimana oranglain bisa menghargai orang tersebut?
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri, antara lain:

  • Menerima kondisi kita apa adanya
Banyak orang yang melakukan beragam perubahan hanya demi diterima dilingkungannya. Perubahan ini bisa berupa perubahan sifat dan karakter, ataupun perubahan pada salah satu anggota tubuh. Hal ini, sebenarnya justru menunjukkan bahwa dia tidak bisa menghargai dirinya sendiri. Ketika seseorang berubah menjadi menjadi seseorang yang berbeda dengan aslinya, hanya demi memenuhi ekspektasi orang di sekitarnya, dia bisa kehilangan jati dirinya yang asli. Atau, setidaknya dia akan selalu hidup dalam kebohongan dan ketakutan. Ketakutan orang disekitarnya akan mengetahui dirinya yang sebenarnya, dan pada akhirnya berusaha menutupinya dengan beragam kebohongan saat hal ini akan terbongkar.
  • Percaya dengan kemampuan sendiri
Tidak yakin mampu melakukan suatu hal dengan baik, padahal belum pernah mencobanya. Ini juga merupakan salah satu bentuk tidak menghargai kemampuan diri sendiri. Coba deh, lebih yakin dengan kemampuanmu sendiri saat mengerjakan sesuatu. Akan tetapi, jangan berlebihan juga yah merasa yakinnya. Nanti, bisa-bisa bukannya pekerjaan selesai, tapi malah berantakan karena kepercayaan dirimu yang terlalu tinggi. Maksudnya, kamu coba untuk menyelesaikan suatu pekerjaan sendiri hingga batas kemampuanmu. Jika memang kamu merasa sudah mencapai batasnya dan kamu belum bisa, tidak perlu malu meminta bantuan pada orang lain. Setidaknya, kamu sudah mengusahakannya terlebih dahulu.
Yakin dengan diri sendiri adalah hal yang harus dimiliki semua orang, namun jangan sampai berlebihan ya. Apalagi, jika sampai keyakinanmu ini justru malah membuatmu merendahkan orang lain. Sangat tidak baik kan. Jadi, yakin dengan kemampuan diri sendiri, namun tetaplah ingat bahwa kamu pasti akan tetap membutuhkan bantuan orang lain. Jika tidak sekarang, setidaknya suatu saat nanti kamu pasti akan membutuhkannya. (Kana)

0 komentar:

Post a Comment

.