Jangan Asal Menyimpan Koleksi Kartu Electronic Money

Bagi seorang kolektor kartu, memang memiliki banyak kartu dengan fungsi yang sama memang menjadi hal yang umum. Misalnya saja, seperti kartu yang difungsikan sebagai uang elektronik atau electronic money. Meskipun fungsinya sama saja, namun pihak bank yang mengeluarkan biasanya akan menerbitkan kartu dengan beragam desain. Sehingga menarik minat kolektor kartu untuk melengkapi koleksinya dengan beragam desain yang diterbitkan. Apalagi dengan semakin banyaknya toko jual printer ID Card yang menyediakan printer khusus untuk mencetak desain gambar di atas kartu.
Nah, setelah membelinya tentu akan sayang dong jika kartumu ini kemudian dibiarkan begitu saja? Apalagi, jika di dalam kartu electronic money masih terdapat saldo. Sayang dong jika sampai hangus begitu saja. Berikut ini, adalah tips menyimpan koleksi kartu electronic money mu supaya semua tetap bisa digunakan:

  • Bawa seperlunya

Tahukah kamu bahwa terlalu banyak kartu yang kamu bawa di dalam dompet dapat beresiko mempercepat kerusakan kartu? Apalagi, jika dalam satu slot kartu kamu paksakan diisi dengan 2 atau lebih kartu. Tidak hanya kartumu saja yang beresiko cepat rusak, dompetmu pun juga akan menjadi cepat rusak. Sebab itulah, sebaiknya hanya bawa kartu yang kamu butuhkan saja. Kamu tidak mungkin menggunakan beberapa electronic money secara bersamaan kan? Sebaiknya, hanya bawa satu saja yang sedang aktif kamu gunakan. Jadi, akan lebih menghemat slot kartumu dan bisa kamu manfaatkan untuk kartu yang lain kan?

  • Gunakan tempat khusus untuk penyimpanan

Jika kamu sudah memiliki lebih dari 10 buah kartu, sebaiknya mulailah untuk membeli sebuah tempat khusus untuk menyimpan seluruh koleksi kartumu. Kamu bisa membeli tempat kartu yang berbentuk seperti sebuah kotak, berbentuk seperti dompet, atau seperti sebuah album. Jika kamu memang berniat untuk terus menambah koleksi kartumu dalam jumlah yang cukup banyak, kamu bisa memilih tempat penyimpanan yang memiliki kapasitas cukup banyak. Dengan begitu kamu tidak perlu bolak-balik membeli tempat yang baru ketika koleksimu terus bertambah.

  • Gunakan secara bergantian

Jangan lupa, bahwaelectronic money memiliki batas waktu kadaluarsa, dan umumnya adalah satu tahun. Untuk menjaga agar kartumu tidak kadaluarsa, sebaiknya gunakan kartu ini secara bergantian. Jika koleksimu masih kurang dari 12, mungkin kamu bisa melakukan perputaran atau pergantian kartu setiap bulan. Namun, jika koleksi kartumu cukup banyak, kamu bisa menggunakan beberapa kartu secara bergantian dalam satu bulan.

  • Beri keterangan

Saat menyimpan koleksimu setelah digunakan, berilah catatan kecil mengenai tanggal terakhir penggunaan dan sisa akhir saldo dalam kartu tersebut. Sebaiknya gunakan post it, sticker atau sejenisnya untuk memberi keterangan ini, agar kamu bisa menggantinya dengan mudah tanpa meninggalkan bekas apapun. (Vita)

Comments