Beberapa Jenis Alat Berat Lifting

Apa yang terpikirkan pertama kali ketika mendengar alat berat lifting? Mungkin yang pertama terpikirkan adalah sebuah alat bernama lift yang sering kita temukan di gedung perkantoran. Yah, sebenarnya hal ini tidak salah juga sih, karena alat berat lifting ini memang memiliki fungsi yang tidak berbeda dengan lift, yaitu untuk mengangkat sebuah material.

Jenis material yang diangkat oleh berbagai jenis alat berat lifting ini tentulah beragam, ada yang cukup ringan namun ada juga yang sangat berat, dan akan sangat berbahaya jika tiba-tiba terdapat masalah saat alat berat ini sedang bekerja. Menggunakan pelumas berkualitas baik merupakan salah satu cara untuk menjaga mesin agar dapat bekerja dengan baik, dan inilah yang menjadi salah satu alasan menggunakan pelumas Komatsu original yang sudah jelas terjamin kualitasnya.
Sama seperti alat berat lainnya, alat berat lifting ini pun memiliki berbagai jenis, antara lain:

  • Boom trucks

Pernah melihat sebuah truck yang dilengkapi dengan boom pada bagian salah satu sisi body nya? Truck inilah yang dinamakan boom trucks. Truck ini memiliki kemampuan untuk mengangkat material yang akan dibawanya tanpa bantuan alat berat lainnya. Boom pada truck ini mampu bergerak ke atas, bawah dan ke samping. Hal ini lah yang membuatnya mampu untuk mengambil material dari suatu lokasi dan kemudian meletakkannya pada bagian belakang truck. Karena alat berat ini berbentuk trucks biasa, maka tidak terdapat komponen undercarriage. Sehingga alat ini tidak membutuhkan perawatan pada undercarriage commponents.


  • Bucket trucks


Truck ini mirip dengan boom truck, yaitu truck yang memiliki boom. Hanya saja, boom pada truck ini dilengkapi dengan bucket, yang mampu untuk mengangkut material ataupun orang. Pada awalnya, truck ini digunakan pada perkebunan Cherry untuk mempermudah pekerjaan. Namun, saat ini truck ini sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya.


  • Container Handler


Alat ini berfungsi untuk mengangkut kontainer ke atas trucking yang nantinya akan membawa kontainer tersebut ketempat lain. Karena itulah, sisi atas pada alat ini berbetuk persegi panjang, menyerupai bentuk dari kontainer itu sendiri.


  • Forklift

Nah, kalau alat yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Apalagi, alat ini juga cukup sering beredar di jalanan biasa. Alat ini digunakan untuk mengangkat berbagai benda yang umumnya diletakkan terlebih dahulu di atas palet kayu. Alat ini dinamakan forklift karena memiliki bagian yang menyerupai fork, dan bagian inilah yang berfungsi untuk mengangkut barang. (Vita)

Comments