Aman Transaksi dengan Internet Banking

Apa yang kamu pilih ketika harus bertransaksi perbankan? Langsung ke teller, menggunakan ATM ataukan memanfaatkan internet banking? Mungkin beberapa orang sudah banyak yang beralih ke internet banking dibandingkan dengan ATM, untuk transaksi perbankannya (kecuali tarik tunai), apalagi banyak bank yang menawarkan promo internet banking untuk berbagai transaksi. Namun ternyata, masih banyak loh yang merasa takut dan tidak yakin melakukan transaksi via internet banking. Bahkan, mereka rela pergi ke ATM dan mengantri lama hanya untuk melakukan satu transaksi saja.
Faktor keamanan masih menjadi kendala mengapa banyak yang takut menggunakan fasilitas ini. Apalagi banyaknya pengguna teknologi ini yang membagi pengalaman negatif tentang bahaya internet banking semakin membuat masyarakat takut. Padahal, asalkan kita waspada transaksi dengan internet banking tidak seseram itu loh. Nah, beberapa hal berikut ini akan membantu kamu agar aman bertransaksi perbankan dengan menggunakan internet banking:

  • Periksa secara keseluruhan

Ketika akan menggunakan internet banking, kamu akan membuka sebuah alamat situs dari bank tersebut. Perhatikan dengan detail apakah alamat situs yang kamu buka sudah benar. Jika mau aman, kamu bisa menyimpannya sebagai bookmark untuk memastikan bahwa alamat situs benar.

  • Hentikan transaksi ketika menemukan suatu hal yang aneh

Jika kamu sudah sering bertransaksi dengan internet banking, biasanya kamu sudah sangat hafal bagaimana sistem kerjanya. Namun, jika kamu belum pernah menggunakannya, sebaiknya cari informasi terlebih dahulu bagaimana cara bertransaksinya. Jangan malu bertanya pada customer service jika benar-benar takut mengalami masalah. Hal ini sangat penting sekali. Jika terdapat sebuah transaksi yang lain dari biasanya padahal pihak bank tidak menginformasikan adanya perubahan sistem, maka sebaiknya segera hentikan transaksi dan melapor pada pihak bank.

  • Hindari transaksi malam hari

Menghindari transaksi malam hari ini bukan disebabkan karena lebih rawan pencurian atau sejenisnya, akan tetapi lebih disebabkan karena seringnya terjadi masalah transaksi ketika malam hari. Apalagi, jika transaksi dilakukan setelah jam kerja. Error terjadi, karena tidak ada operator yang menangani dan mengawasi transaksi. Karena itulah, lebih baik jika transaksi dilakukan saat masih siang atau sore hari. (Vita)

Comments