Mengenal Printer ID Card

Kita mungkin sudah sangat kenal dengan alat cetak yang bernama printer. Bahkan, mungkin hampir semua dari kita memiliki alat ini di rumah. Apalagi, sekarang juga mulai beredar printer kecil yang dapat langsung mencetak foto dari smartphone kapanpun dan dimanapun. Penggunaan printerpun menjadi hal yang sangat umum dimasyarakat. Meskipun begitu, tidak semua jenis printer loh digunakan oleh masyarakat umum. Seperti printer yang di jual oleh toko jual printer ID Card, yang hanya dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu saja.

Jika dilihat dari fungsinya, printer ID card ini memang tidak berbeda dengan printer lain pada umumnya, yaitu berfungsi untuk mencetak. Hanya saja, printer ini digunakan khusus untuk mencetak di atas kartu yang berbahan dasar plastik. Proses mencetaknya pun relatif cepat dan praktis, karena itulah semakin banyak perusahaan ataupun organisasi yang memanfaatkan printer ini untuk mencetak sesuatu di atas kartu.

Printer ini memiliki label feed kontinyu. Ukurannya tidaklah terlalu besar, karena pada umumnya printer ini mampu untuk mencetak di atas kartu dengan ukuran standar, yaitu berdimensi CR80 (sesuai ISO 7816). Ukuran kartu ini, umum kita temukan pada kartu ATM, kartu kredit, atau kartu keanggotaan seperti kartu rumah sakit atau keanggotaan sebuah pusat perbelanjaan. Saat ingin mencetak kartu dalam jumlah banyak, kita tidak perlu repot-repot memasukkan kartu satu per satu. Karena, kita bisa langsung memasukkan setumpuk kartu yang ingin kita cetak ke dalam alat ini, dan alat ini akan mencetak seperti layaknya printer kertas biasa.

Cara kerja printer ini yaitu kartu dan ribbon akan melewati thermal printhead secara bersamaan, tujuannya yaitu untuk melakukan personalisasi pada kartu yang akan dicetak. Terdapat dua jenis ribbon, yaitu ribbon warna dan ribbon mobochrome. Proses pencetakkan ini terjadi dengan cara mentransfer warna dari ribbon ke permukaan kartu melalui panas yang dikeluarkan oleh print head. Sama seperti pada hasil cetak lainnya, setelah kartu selesai dicetak, akan lebih baik jika kartu didiamkan beberapa saat terlebih dahulu. Namun, karena pencetakkan ini tidak menggunakan tinta yang berbentuk cair, sehingga proses pendiaman ini tidaklah membutuhkan waktu yang lama. (Vita)

Comments