Sekat Ruangan Permanen atau Temporer?

Setiap rumah, pastinya memiliki beberapa ruang yang memiliki fungsi berbeda. Meskipun antar ruangannya terkadang di buat mirip, namun kita akan bisa melihat fungsi setiap ruangan dari mebel kayu jati dan mebel lain yang terdapat di dalamnya. Misalnya, seperti ruang makan yang memiliki meja ruang makan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, biasanya orang akan memisahkan antar ruangannya dengan sebuah penyekat.Meskipun terlihat sederhana, pemisah antar ruangan ini sangatlah penting. Terutama, pemisah antar ruang tamu dan ruang keluarga. Pemisah ini berfungsi, untuk menjaga privasi dalam rumah dari setiap tamu yang datang berkunjung. Sebagai penyekat atau pemisah antar ruangannya sendiri, banyak orang yang lebih memilih membuat penyekat permanen berupa dinding ataupun menggunakan penyekat temporer seperti lemari atau rak. Lalu, mana yang sebenarnya lebih baik yah, sekat ruangan permanen atau temporer:

  • Sekat permanen
Sekat permanen ini bisa berupa sebuah dinding tanpa pintu yang hanya berfungsi sebagai pemisah antar ruangan. Karena itulah, biasanya panjangnya hanya sekitar setengah atau sepertiga dari lebar ruangan. Sifatnya yang permanen, akan membuat kita cukup kesulitan untuk menata ulang ruang di rumah kita ketika ingin sedikit merubah perbandingan luas antar ruangan yang dipisahkan sekat tersebut. Namun, jika menggunakan sekat permanen ini, kita akan bisa memasang berbagai hiasan dinding yang dapat menambah keindahan rumah kita. Misalnya, memasang foto atau lukisan.
  • Sekat temporer
Sekat temporer ini biasanya adalah berupa mebel seperti lemari atau rak. Bagi yang ingin privasinya terjaga, maka dapat menggunakan mebel kayu yang cukup tinggi. Sehingga, tamu yang datang tetap tidak akan bisa melihat ke dalam ruang keluarga. Namun, jika kita ingin agar sekat ini terlihat indah dan menarik, kita bisa juga menggunakan mebel yang terbuat dari kaca. Keuntungan menggunakan sekat temporary ini adalah, kita akan bisa dengan mudah mengatur ulang perbandingan luas ruangan yang dipisahkan. Kita hanya perlu menggeser rak atau lemari tersebut, luas ruangan pun sudah berubah. Selain itu, jika suatu saat kita ingin menata ulang ruang tamu dan ruang keluarga, kita juga akan lebih mudah karena hanya perlu memindahkan rak atau lemari tersebut. (Vita)

Comments