Bagger 288 dan Takraf RB293, Excavator Terbesar di Dunia

Excavator adalah salah satu alat berat yang sering juga disebut sebagai digger. Hal ini wajar, karena fungsi utama dari alat ini memang digunakan untuk melakukan penggalian. Alat ini digunakan hampir pada setiap proyek, seperti pembuatan jalan, pembangunan gedung bertingkat, dan juga pertambangan. Perusahaan Jual Alat Berat menyediakan excavator dengan berbagai macam ukuran sesuai dengan kapasitasnya, dari mulai yang berukuran mini hingga yang berukuran sangat besar. Beberapa contoh excavator terbesar di dunia yang pernah di produksi yaitu Bagger 288 dan Takraf RB293.
  • Bagger 288
Excavator ini diproduksi oleh sebuah perusahaan German bernama Krupp, untuk perusahaan energi dan pertambangan bernama Rheinbraun. Alat ini selesai di produksi pada tahun 1978, dan memiliki tinggi sekitar 95m, panjang 215m, dan berat hingga mencapai 13.500 tons. Setiap harinya, alat ini mampu untuk menggali
Bagger 288 terdiri dari 2 bagian, yaitu “bucket-wheeler excavator” yang berfungsi sebagai alat penggali, dan “crawler transporter” sebagai penopang alat ini. Crawler transporter ini juga berfungsi sebagai alat penggerak untuk memindahkan alat ini. Ukuran permukaan crawler transporter pada alat ini cukup lebar, sehingga mengurangi beban tekanan pada tanah. Selain itu, memungkinkan excavator untuk dapat berjalan diatas kerikil, tanah atau bahkan rumput tanpa meninggalkan jejak yang signifikan. Alat ini memiliki minimal radius putar sekitar 100m dan mampu memanjat dengan gradien maksimum 01:18.
Pada tahun 2001, bagger 288 berpindah lokasi untuk terakhir kalinya. Alat ini menempuh perjalanan sejauh 22 kilometer, dan dibutuhkan waktu 3 minggu untuk sampai ke lokasi yang diinginkan. Untuk mempermudah proses perpindahannya, para pekerja memberikan lapisan pasir atau menyebarkan rumput khusus saat alat ini harus menyebrangi rel kereta api, jalan raya, dan lokasi lainnya. Bahkan, beberapa tiang listrik harus dipindahkan saat proses perpindahan alat ini. 
240.000 tons batu bara. Alat ini membutuhkan sumber tenaga dari luar, yaitu listrik sekitar 16,56 megawatt untuk dapat beroperasi.
  • Takraf RB293
Excavator ini diproduksi oleh perusahaan industri asal German, yaitu Takraf Industry. Excavator ini bahkan tercatat dalam Guinness World Record sebagai kendaraan darat terbesar di dunia. Excavator ini memiliki
tinggi lebih dari 94,5 meter, panjang 200 meter dan berat lebih dari 14.196 tons. Bucket pada excavator ini memiliki diameter mencapai 70meter, dan masing-masing bucket dapat mengangkut 20kubik. Setiap harinya, mesin ini mampu untuk mengangkut 240.000m kubik material, dan membutuhkan 5 orang untuk mengoperasikan alat ini. Dibutuhkan waktu sekitar 5 tahun untuk merakit alat ini, dengan biaya lebih dari $ 100 juta. (Vita)

Comments