Amankah Melakukan Fitness Secara Rutin?

Banyak orang yang merasa tergoda untuk melakukan fitness secara rutin agar mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Baik melakukannya di tempat gym bersama-sama dengan kerabat ataupun membeli alat fitness pribadi dan melakukannya di rumah. Namun ternyata, tidak semua orang berhasil mendapatkan bentuk tubuh sesuai yang diinginkannya, meskipun sudah berusaha berlatih dengan keras. Bahkan, beberapa diantaranya justru mengalami masalah kesehatan karena latihan ini.

Mengapa demikian?

Latihan fitness pada dasarnya sama seperti olahraga lainnya, harus dilakukan dengan cara yang tepat dan tidak berlebihan. Apalagi, bagi seseorang yang sebelumnya tidak pernah berolahraga, melakukan latihan ini harus dilakukan secara bertahap. Karena itulah, bagi pemula akan lebih baik jika mengawali kegiatan olahraganya di gym. Di tempat latihan tersebut, akan ada seorang instruktur yang telah berpengalaman yang akan membantu kita mengetahui porsi latihan yang aman bagi kita, dan jenis latihan yang kita butuhkan. Hal ini terlihat sederhana, namun sebenarnya sangatlah penting, karena:

  • Bagi beberapa orang yang masih awam dengan alat fitness, umumnya tidak akan mengetahui fungsi dari masing-masing latihan dan pengaruhnya pada tubuh kita. Apalagi, beberapa alat biasanya akan memiliki lebih dari fungsi latihan. Instruktur yang telah berpengalaman, akan mengarahkan kita untuk latihan sesuai dengan yang kita butuhkan saja, dan akan mengajarkan kita bagaimana gerakan latihan yang tepat untuk mencegah timbulnya cedera ringan ataupun berat. Saat kita sudah mengetahui latihan apa saja yang kita utuhkan, dan bagaimana cara yang tepat, kita akan bisa mengetahui alat fitness yang perlu kita beli sesuai kebutuhan jika ingin latihan sendiri di rumah.
  • Banyak orang yang berusaha keras agar bisa memperoleh tubuh yang diinginkan sesegera mungkin. Karena itulah, banyak orang yang berusaha dengan latihan sesering mungkin. Padahal, cara ini salah besar karena dapat meningkatkan risiko cedera tubuh dan masalah kesehatan lainnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, maka kita akan membutuhkan instruktur yang mengontrol segala aktivitas kita saat berolahraga, agar porsi yang dilakukan tidak berlebihan dan tidak membahayakan tubuh.  Khususnya, bagi seseorang yang jarang berolahraga.

Intinya yaitu, melakukan fitness secara rutin tidaklah berbahaya bagi kesehatan, selama dilakukan dengan cara yang benar dan porsi yang sesuai.  (Vita)

Comments