Merangsang Kemampuan Bicara Anak

Ketika anak mulai memasuki usia belajar bicara, pasti orangtua akan sangat antusias untuk mendengarkan apapun yang diucapkan oleh anak. Meskipun pada awalnya yang diucapkan hanyalah berupa kata-kata yang tidak jelas, namun tetap saja akan membuat orangtua bahagia. Bahkan, tidak jarang orangtua merekam anaknya saat proses belajar bicara ini. Hal ini merupakan salah satu tindakan yang dilakukan orangtua untuk menunjukkan rasa bahagianya atas perkembangan anak.
Sayangnya, ada beberapa anak yang mengalami masalah speech delay, atau proses bicara yang terlambat. Namun, jangan panik dulu jika menemukan masalah ini terjadi pada anak Anda. Selama penyebabnya bukan berasal dari suatu penyakit, masalah speech delay ini bisa teratasi dengan merangsang kemampuan bicara anak.
  • Jangan lelah untuk terus mengajak anak berkomunikasi. Anda bisa menceritakan berbagai hal ringan pada anak Anda, dan sesekali mintalah anak untuk meresponnya. Meskipun anak mungkin belum mengerti apa yang diucapkan atau diceritakan oleh Anda, namun hal ini akan membuat anak semangat dan berusaha untuk merespon cerita Anda.
  • Gunakanlah gestur atau gerakan tangan untuk membantu anak mengerti cerita Anda. Dengan cara ini, anak akan lebih bersemangat mendengarkan cerita Anda.
  • Ketika Anda memperkenalkan kata-kata pada anak, tidak ada salahnya memperkenalkan benda tersebut langsung pada anak. Misalnya, ketika sedang mandi dan Anda ingin memperkenalkan kata “air”, Anda bisa menunjukkan air yang ada disekitar anak padanya, dan kemudian minta anak mengulangi kata-kata Anda.
  • Tarik perhatian anak terlebih dahulu sebelum mengajaknya mengobrol, karena jika perhatian anak sedang tertuju pada hal lain maka mengajaknya mengobrol akan percuma saja. Anda bisa menarik perhatiannya dengan membunyikan suatu suara, atau menunjukkan suatu mainan padanya.
  • Anda juga bisa merangsang kemampuan bicaranya dengan membacakan dongeng singkat. Misalnya, ceritakan tentang berbagai hewan yang ada di hutan. Tirukan juga suara-suara hewan tersebut agar anak menjadi semakin tertarik dengan dongeng Anda.
Nah, dengan menerapkan beberapa hal diatas, maka masalah speech delay anak Anda akan dapat teratasi. Namun jangan lupa yah, selain merangsang kemampuan bicaranya, Anda juga harus memotivasi kemampuan belajar jalan sikecil. Tujuannya, agar kemampuan bicara dan berjalan si kecil dapat berkembang dengan baik. (Vita)

Comments