Wednesday, March 11, 2015

Apa yang Membedakan DRAM dan SRAM?

Leave a Comment

Bagi yang mendalami teknologi komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan RAM (Random Access Memory). Namun, bagi sebagian orang yang masih awam dengan komputer, mungkin mereka hanya tahu semakin tinggi RAM maka akan semakin baik. Begitu pula dengan orang yang hanya punya komputer dan hanya tahu cara menggunakannya, tanpa mempedulikan komponen apa saja yang terdapat dalam komputernya. Karena itulah, mereka umumnya hanya mengetahui ukuran RAMnya tanpa mempedulikan jenis RAMnya.
Sebenarnya, ada dua jenis RAM pada komputer yang umum digunakan, yaitu DRAM dan SRAM. Berikut ini adalah perbedaan dari keduanya:

  • DRAM (Dynamic RAM)
RAM ini disebut dinamis karena tidak menyatu pada processor. DRAM tersusun oleh sel-sel yang

menyimpan data sebagai muatan listrik pada kapasitor. DRAM menyimpan seluruh bit data dalam sebuah kapasitor dan transistor. Pada saat kapasitor pada DRAM ini mati, maka secara otomatis seuruh data pada kapasitor juga akan hilang. Agar hal ini tidak terjadi, maka kapasitor harus di-charge secara periodik. Selain itu, karena DRAM hanya menggunakan satu transistor dan kapasitor, maka DRAM memiliki tingkat kepadatan yang cukup tinggi. Kapasitor pada DRAM memiliki sifat alami untuk mengalir, karena itulah DRAM ini menggunakan perinth me-refresh secara berkala untuk menjaga penyimpanan data.  DRAM sangat sesuai untuk digunakan pada komputer yang membutuhkan memori besar.
  • SRAM (Static RAM)
SRAM disebut statis karena SRAM ini menempel pada processor. SRAM akan mampu untuk menampung data selama sumber listrik tersedia. SRAM ini menggunakan elemen logika dalam proses kerjanya, sama seperti yang digunakan oleh processor. SRAM menggunakan 6 transistor yang strukturnya membentuk sebuah cluster. Proses kerja SRAM lebih cepat bila dibandingkan dengan DRAM. Namun, karena menempel pada processor harga SRAM cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan DRAM.

Selain memahami apa perbedaan anatara DRAM dan SRAM, penting juga bagi kita untuk mengetahui perbedaan RAM dan ROM. Agar, kita dapat menentukan komponen yang tepat saat kita akan membeli komputer. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.