Tips Agar Rumah Terasa Sejuk dan Nyaman

Memiliki rumah yang sejuk dan terasa nyaman pasti adalah impian bagi setiap orang. Banyak orang yang bahkan rela mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk membuat rumahnya terasa nyaman sesuai dengan
impiannya. Namun, banyak orang yang memiliki budget terbatas berfikir bahwa mereka tidak bisa memiliki rumah yang sejuk dan nyaman. Padahal, kalau kita bisa mengetahui trik nya, kita bisa juga membuat rumah kita sejuk tanpa harus mengeluarkan budget yang fantastis.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat rumah kitaterasa sejuk dan nyaman.
  • Ventilasi
Berikan ventilasi udara yang cukup akan membuat rumah terasa lebih sejuk. Pada beberapa rumah yang menggunakan AC, umumnya ventilasi udara ini tidak diperhatikan dan justru membuat rumahnya tanpa ventilasi dengan tujuan agar udara yang keluar dari AC tidak terbuang keluar. Padahal, rumah tanpa ventilasi ini tidak baik karena tidak ada pergantian udara sama sekali. Ada baiknya membuat ventilasi yang bersifat fleksibel (bisa dibuka tutup), sehingga saat AC sedang tidak dinyalakan udara akan tetap bersirkulasi dengan baik.
  • Plafon
Plafon yang terlalu rendah akan membuat sirkulasi udara menjadi tidak lancar dan menumpuk di dalam rumah. Kecenderungan udara akan mengalir dari suhu yang dingin ke panas, dan suhu panas akan berada pada sekitar plafon. Membuat plafon cukup tinggi dan memberikan seperti exhaust fan akan membantu membuang udara panas yang berkumpul di plafon ke atap.
  • Warna Cat
Pemilihan warna cat yang tepat akan membentuk persepsi yang positif. Warna terang dapat memberikan kesan luas, sementara warna seperti biru dan hijau dapat memberi kesan menyejukkan. Kita juga bisa menggunakan warna netral (putih) jika kita tidak suka dengan warna yang bermacam-macam.
  • Ruangan
Jumlah ruangan akan memberi kesan rumah kita terasa nyaman atau tidak. Rumah yang dipenuhi oleh berbagai macam ruangan akan membuat kesan rumah tersebut sempit. Selain terasa sempit dan kurang nyaman, terlalu banyak jumlah ruangan juga bisa mengurangi kesejukan pada rumah. Apalagi, jika rumah sudah dipenuhi oleh ruangan dipenuhi juga oleh berbagai barang-barang.
  • Taman
Sediakan tempat untuk membuat taman di rumah. Meskipun taman hanya berukuran kecil, namun akan dapat membuat rumah terasa sejuk dan nyaman.

Membangun rumah yang sejuk dan nyaman adalah dambaan setiap orang. Namun, jangan lupa bahwa kondisi di dalam rumah (keluarga) juga menentukan kenyamanan seseorang berada di dalam rumah tersebut. (Taz)

Comments