Sulit Tidur? Inilah Cara Mengatasinya


Tidur dimalam hari merupakan kebutuhan setiap orang. Waktu tidur orang dewasa pada umumnya adalah sekitar 7 hingga 8 jam setiap harinya, dan akan lebih banyak pada anak-anak. Namun sayangnya, banyak faktor penyebab kita mengalami kesulitan tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Padahal, tidur yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan.


Jika masalah insomnia ini tidak segera diatasi, tentunya akan berpengaruh pada banyak hal. Baik pada kesehatan kita, maupun kestabilan emosi kita yang bisa berakibat buruk pada hubungan kita dengan orang disekitar kita.

Berikut ini, adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sulit tidur, antara lain:
  • Berdoa
Berdoa merupakan hal penting yang harus kita lakukan sebelum tidur. Selain untuk memohon ketenangan agar kita dapat beristirahat dengan tenang dimalam hari dan bangun dalam kondisi segar keesokan harinya, kita juga akan memohon perlindungan selama ita beristirahat.
  • Hindari obat tidur
Banyak orang yang memanfaatkan obat tidur untuk membantunya beristirahat. Berhat-hatilah, karena jika dikonsumsi tidak sesuai dengan aturannya obat tidur ini dapat membuat kita menjadi ketergantungan. Bila masalah sulit tidur ini dirasa sudah sangat parah dan mengganggu, lebih baik berkonsultasi pada ahlinya sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat tidur sendiri.
  • Hindari makan dan minum sebelum tidur
Makan makanan berat sebelum tidur akan membuat kerja usus dan lambung semakin berat. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur. Begitu pula jika kita menkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan bersifat stimulan, seperti kopi dan cola yang dapat membuat kita menjadi sulit tidur.
  • Hindari berolahraga atau berfikir hal yang berat
Berolahaga baik untuk kesehatan jika dilakukan di waktu yang tepat. Jika olahraga dilakukan sesaat sebelum tidur, apalagi jika olahraga yang dilakukan termasuk olahraga yang berat dapat membuat kita menjadi sulit tidur. Begitu pula jika kita berpikir mengenai hal yang berat saat akan beristirahat. Hal ini akan membuat kita menjadi stres dan membuat kita sulit tidur.
  • Atur pencahayaan
Cahaya yang terlalu terang dapat membuat kita menjadi sulit untuk tidur. Termasuk juga, jika terdapat pantulan cahaya dari kaca atau benda-benda yang ada dikamar. Karena itulah, letakkan benda-benda dikamar di lokasi yang tidak akan mengganggu kita dan redupkan lampu saat kita akan tidur dimalam hari.
  • Tenangkan tubuh dan pikiran
Menenangkan tubuh dan pikiran sesaat sebelum tidur dapat membantu kita untuk tidur. Kita bisa tiduran sambil mendengarkan musik sesaat sebelum tidur. Namun, matikan sebelum kita tidur dan biarkan seluruh saraf kita beristirahat dengan tenang. (Taz)

Comments