Mengatasi Kelinci yang Sakit


Setelah kemarin kita membahas bagaimana merawat kelinci yang masih berusia muda, sekarang kita akan membahas bagaimana caranya mengatasi kelinci ketika sedang dalam kondisi kurang sehat. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, kelinci merupakan hewan yang sensitif. Namun, bukan berarti kita terlalu menjaganya atau memberi perawatan yang ekstra, karena jika kita terlalu berlebihan bisa membuat kelinci lebih sensitif dan lebih mudah sakit. Membiarkan kelinci bermain secara bebas (tidak selalu dikurung dikandang) adalah cara yang tepat untuk melatih ketahanan kelinci.


Kelinci adalah salah satu hewan yang aktif bergerak dan suka makan. Namun, setiap kelinci juga memiliki sifat yang berbeda. Biasanya, kita sebagai pemiliknya semakin lama akan semakin mengerti bagaimana sifat dari kelinci yang kita pelihara. Ketika kelinci tiba-tiba bertindak diluar kebiasaan, kita haruslah waspada karena mungkin terjadi sesuatu yang kurang baik pada kelinci kita. Biasanya, cara paling umum adalah ketika kelinci menjadi lebih pendiam dari biasanya dan mulai kehilangan nafsu makan.

Ketika kelinci mulai mengalami beberapa tanda diatas, hampir dipastikan kelinci kita mengalami masalah. Namun, ada baiknya jika kita mencoba mencaritahu terlebih dahulu apa yang terjadi pada kelinci kita sebelum membawanya ke dokter. Karena, masalah pada kelinci bisa terjadi akibat 2 faktor yaitu:
  • Lingkungan
Perhatikan terlebih dahulu lingkungan sekitar kelinci. Misalnya saja kebersihan kandangnya dan juga keamanan kelinci dari ancaman hewan atau ancaman lainnya. Kandang yang kurang bersih, bisa membuat kuman berkembang dan bisa mempengaruhi kesehatan kelinci. Sementara, keberadaan hewan lain disekitar kelinci terkadang bisa menjadi ancaman bagi kelinci. Apalagi, jika hewan tersebut sering mengganggu kelinci kita. Untuk mengatasi faktor lingkungan ini, kita bisa melakukan dengan cara membersihkan kandang secara rutin dan sebisa mungkin menjauhkan kelinci dari hal-hal yang membuat kelinci merasa terancam.
  • Penyakit
Jika kita sudah menjaga kebersihan dan tidak ada ancaman apapun untuk kelinci kita, ada kemungkinan kelinci kita memang sakit. Penyakit yang umum di derita kelinci adalah diare, flu dan jamur yang menyerang kulit kelinci. Untuk mengatasi penyakit ini kita bisa membawa kelinci ke dokter hewan, namun untuk antisipasi awal kita bisa memberikan obat yang dapat meningkatkan imunitas kelinci dalam jumlah secukupnya (hanya beberapa tetes untuk kelinci muda). (Taz)

Comments