Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kulit Wajah Kering


Penampilan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Namun, kulit yang kering terkadang membuat penampilan kita terlihat kurang maksimal. Apalagi, jika kulit kering ini terjadi pada bagian wajah. Kulit wajah yang kering akan membuat wajah kita terlihat kusam dan tidak menarik. Selain itu, jika kulit kering ini tidak segera diatasi dengan cara yang tepat, juga dapat berbahaya bagi kesehatan kita.

Seringkali, kita hanya berfokus pada cara mengatasi kulit kering. Padahal, akan lebih baik jika kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, dan barulah mencari tahu cara mengatasinya. Berikut ini, adalah beberapa kebiasaan yang membuat kulit kita menjadi kering:
  • Kurang minum air putih
Aktifitas sering membuat seseorang tidak begitu memperhatikan kebutuhan cairan dalam tubuhnya. Misalnya saja, ketika sedang sibuk bekerja dan minuman di meja sudah habis, banyak yang merasa malas untuk berjalan untuk mengisi kembali minumnya. Tubuh yang kekurangan cairan bisa menjadi membuat kulit di wajah menjadi kering dan terlihat kusam. Apalagi, dengan ruangan kantor yang ber-AC membuat kulit akan lebih cepat kering. Sehingga, sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum yang cukup.
  • Menggunakan pelembab terlalu tebal
Pelembab dapat membuat kulit menjadi terjaga kelembabannya, namun pemakaian pelembab secara berlebihan justru berdampak pada kulit kering. Penyebabnya, karena kulit mati yang terdapat pada wajah terjebak akibat pelembab yang terlalu tebal, dan kemudian menumpuk hingga menimbulkan noda hitam pada wajah. Sebaiknya, gunakan pelembab dalam jumlah yang wajar saja agar pelembab dapat bekerja dengan efektif.
  • Penggunaan scrub yang salah
Banyak orang yang memiliki kulit wajah kering tidak mau menggunakan scrub karena takut kulit wajahnya semakin kering. Padahal, scrub dibutuhkan oleh kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Karena itulah, bagi yang memiliki kulit wajah kering, sebaiknya tetap menggunakan scrub setidaknya 1 bulan sekali. Sementara, ada juga yang menggunakan facial foam yang mengandung scrub lebih dari 2 kali sehari. Scrub memang bermanfaat, namun penggunaan yang berlebihan akan merusak sel-sel kulit yang masih baik. Penggunaan scrub yang baik yaitu setidaknya 2 minggu sekali.
  • Terlalu sering mencuci muka
Meskipun facial foam tidak mengandung scrub, namun ada baiknya membatasi penggunaannya. Terlalu sering mencuci muka dengan facial foam akan membuat kelembaban kulit berkurang. Selain itu, jangan gunakan sabun madi untuk mencucu muka. Sebaiknya, hindari juga terlalu sering mencuci muka dengan air hangat, karena air hangat dapat menghancurkan lapisan lemak di kulit yang merupakan pelembab alami kulit. (Taz)

Comments