Friday, February 27, 2015

Mengatasi Kelinci yang Sakit

Leave a Comment

Setelah kemarin kita membahas bagaimana merawat kelinci yang masih berusia muda, sekarang kita akan membahas bagaimana caranya mengatasi kelinci ketika sedang dalam kondisi kurang sehat. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, kelinci merupakan hewan yang sensitif. Namun, bukan berarti kita terlalu menjaganya atau memberi perawatan yang ekstra, karena jika kita terlalu berlebihan bisa membuat kelinci lebih sensitif dan lebih mudah sakit. Membiarkan kelinci bermain secara bebas (tidak selalu dikurung dikandang) adalah cara yang tepat untuk melatih ketahanan kelinci.


Kelinci adalah salah satu hewan yang aktif bergerak dan suka makan. Namun, setiap kelinci juga memiliki sifat yang berbeda. Biasanya, kita sebagai pemiliknya semakin lama akan semakin mengerti bagaimana sifat dari kelinci yang kita pelihara. Ketika kelinci tiba-tiba bertindak diluar kebiasaan, kita haruslah waspada karena mungkin terjadi sesuatu yang kurang baik pada kelinci kita. Biasanya, cara paling umum adalah ketika kelinci menjadi lebih pendiam dari biasanya dan mulai kehilangan nafsu makan.

Ketika kelinci mulai mengalami beberapa tanda diatas, hampir dipastikan kelinci kita mengalami masalah. Namun, ada baiknya jika kita mencoba mencaritahu terlebih dahulu apa yang terjadi pada kelinci kita sebelum membawanya ke dokter. Karena, masalah pada kelinci bisa terjadi akibat 2 faktor yaitu:
  • Lingkungan
Perhatikan terlebih dahulu lingkungan sekitar kelinci. Misalnya saja kebersihan kandangnya dan juga keamanan kelinci dari ancaman hewan atau ancaman lainnya. Kandang yang kurang bersih, bisa membuat kuman berkembang dan bisa mempengaruhi kesehatan kelinci. Sementara, keberadaan hewan lain disekitar kelinci terkadang bisa menjadi ancaman bagi kelinci. Apalagi, jika hewan tersebut sering mengganggu kelinci kita. Untuk mengatasi faktor lingkungan ini, kita bisa melakukan dengan cara membersihkan kandang secara rutin dan sebisa mungkin menjauhkan kelinci dari hal-hal yang membuat kelinci merasa terancam.
  • Penyakit
Jika kita sudah menjaga kebersihan dan tidak ada ancaman apapun untuk kelinci kita, ada kemungkinan kelinci kita memang sakit. Penyakit yang umum di derita kelinci adalah diare, flu dan jamur yang menyerang kulit kelinci. Untuk mengatasi penyakit ini kita bisa membawa kelinci ke dokter hewan, namun untuk antisipasi awal kita bisa memberikan obat yang dapat meningkatkan imunitas kelinci dalam jumlah secukupnya (hanya beberapa tetes untuk kelinci muda). (Taz)
Read More...

Tuesday, February 24, 2015

Jangan Gunakan Baju Baru Tanpa di Cuci

Leave a Comment
Hampir setiap bulan, umumnya orang akan memiliki koleksi baju baru alam lemarinya. Khususnya bagi perempuan yang senang berbelanja. Apalagi, dengan banyaknya online shop yang beredar saat ini, membuat berbelanja baju menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Ada beberapa orang yang akan mencuci baju barunya tersebut sebelum digunakan. Namun, masih banyak juga orang yang menggunakan baju barunya tersebut tanpa mencucinya terlebih dahulu.
Kebiaaan ini mungkin terlihat sederhana dan bukan hal yang penting, namun tahukah kalian jika kebiasaan ini diteruskan dapat berbahaya bagi kesehatan.


Ada banyak hal yang dapat membuat kebiasaan menggunakan baju baru tanpa dicuci menjadi berbahaya bagi kesehatan, antara lain:
  • Tidak higienis
Kalian pasti tidak tahu bagaimana kebersihan dari baju yang kalian beli. Dari mulai proses pembuatan hingga baju tersebut sampai ke tangan kalian. Bagaimana kondisi penyimpanan kain saat proses pmbuatan, penyimpanan baju saat digudang dan berbagai hal lainnya. Bisa saja ada banyak hal yang menepel pada kain selain debu. Hal ini akan membuat baju menjadi tidak higienis dan bahkan bisa beresiko buruk bagi kesehatan.
  • Beresiko tertular penyakit kulit
Tidak hanya kalian yang mencoba baju tersebut saat masih berada di dalam toko. Bisa saja baju tersebut telah di coba oleh beberapa orang dan tentunya kalian tidak tahu bagaimana kesehatan orang yang telah mencobanya kan. Bisa saja, orang lain yang pernah mencoba baju yang kalian beli memiliki penyakit kulit yang menular. Jika kalian langsung menggunakan tapa mencucinya terlebih dahulu, tentunya kalian akan mengalami resiko tertular penyakit tersebut.
  • Zat Berbahaya yang terkandung dalam kain
Jangan lupa bahwa pada saat kain dibuat, pasti menggunakan berbagai zat kimia. Zat kimia ini akan tetap menempel pada kulit selama belum mengalami proses pencucian. Apakah zat kimia yang digunakan aman atau tidak untuk kesehatan, tentunya kalian tidak tahu dengan pasti. Namun, jika ternyata zat kimia yang digunakan tidak aman untuk kesehatan, maka kalian bisa saja mengalami alergi, iritasi, atau bahkan kanker kulit. (Taz)
Read More...

Sunday, February 22, 2015

Sulit Tidur? Inilah Cara Mengatasinya

Leave a Comment

Tidur dimalam hari merupakan kebutuhan setiap orang. Waktu tidur orang dewasa pada umumnya adalah sekitar 7 hingga 8 jam setiap harinya, dan akan lebih banyak pada anak-anak. Namun sayangnya, banyak faktor penyebab kita mengalami kesulitan tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Padahal, tidur yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan.


Jika masalah insomnia ini tidak segera diatasi, tentunya akan berpengaruh pada banyak hal. Baik pada kesehatan kita, maupun kestabilan emosi kita yang bisa berakibat buruk pada hubungan kita dengan orang disekitar kita.

Berikut ini, adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah sulit tidur, antara lain:
  • Berdoa
Berdoa merupakan hal penting yang harus kita lakukan sebelum tidur. Selain untuk memohon ketenangan agar kita dapat beristirahat dengan tenang dimalam hari dan bangun dalam kondisi segar keesokan harinya, kita juga akan memohon perlindungan selama ita beristirahat.
  • Hindari obat tidur
Banyak orang yang memanfaatkan obat tidur untuk membantunya beristirahat. Berhat-hatilah, karena jika dikonsumsi tidak sesuai dengan aturannya obat tidur ini dapat membuat kita menjadi ketergantungan. Bila masalah sulit tidur ini dirasa sudah sangat parah dan mengganggu, lebih baik berkonsultasi pada ahlinya sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat tidur sendiri.
  • Hindari makan dan minum sebelum tidur
Makan makanan berat sebelum tidur akan membuat kerja usus dan lambung semakin berat. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur. Begitu pula jika kita menkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan bersifat stimulan, seperti kopi dan cola yang dapat membuat kita menjadi sulit tidur.
  • Hindari berolahraga atau berfikir hal yang berat
Berolahaga baik untuk kesehatan jika dilakukan di waktu yang tepat. Jika olahraga dilakukan sesaat sebelum tidur, apalagi jika olahraga yang dilakukan termasuk olahraga yang berat dapat membuat kita menjadi sulit tidur. Begitu pula jika kita berpikir mengenai hal yang berat saat akan beristirahat. Hal ini akan membuat kita menjadi stres dan membuat kita sulit tidur.
  • Atur pencahayaan
Cahaya yang terlalu terang dapat membuat kita menjadi sulit untuk tidur. Termasuk juga, jika terdapat pantulan cahaya dari kaca atau benda-benda yang ada dikamar. Karena itulah, letakkan benda-benda dikamar di lokasi yang tidak akan mengganggu kita dan redupkan lampu saat kita akan tidur dimalam hari.
  • Tenangkan tubuh dan pikiran
Menenangkan tubuh dan pikiran sesaat sebelum tidur dapat membantu kita untuk tidur. Kita bisa tiduran sambil mendengarkan musik sesaat sebelum tidur. Namun, matikan sebelum kita tidur dan biarkan seluruh saraf kita beristirahat dengan tenang. (Taz)
Read More...

Saturday, February 21, 2015

Mengapa Kita Mengalami Sulit Tidur?

Leave a Comment

Meskipun semua orang membutuhkan tidur, namun tidak semua orang bisa tidur dengan mudah pada waktunya. Banyak orang yang sudah berusaha mengatasi sulit tidur, namun mereka masih saja mengalami kesulitan untuk tidur. Bahkan, tidak jarang mereka baru bisa tertidur ketika sudah dini hari sementara mereka harus kembali beraktivitas keesokan harinya, sehingga mereka tidak cukup beristirahat dimalam hari.
Akibatnya, mereka menjadi lesu dan tidak bersemangat. Konsentrasi saat beraktivitaspun menjadi menurun, dan emosi menjadi tidak stabil.

Hal-hal kecil yang terjadi bisa menjadi masalah besar bagi mereka. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah sulit tidur, antara lain:
  • Faktor Medis
Ketika seseorang sedang mengalami suatu penyakit tertentu, ada kemungkinan orang tersebut akan mengalami sulit tidur. Misalnya saja ketika seseorang sedang demam tinggi, biasanya orang tersebut akan menjadi sulit untuk dapat ttidur dengan tenang.
  • Faktor Psikiatris
Orang yang sedang mengalami masalah psikis dapat mengalami sulit tidur. Misalnya saja ketika seseorang sedang menderita stres akibat pekerjaan atau masalah keluarga. Rasa panik dan cemas yang berlebihan juga bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur.
  • Faktor Lingkungan
Lingkungan yang terasa kurang nyaman akan sangat mempengaruhi tidur kita. Misalnya saja jika kita tinggal di lingkungan yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, bisa membuat kita menjadi sulit untuk tidur. Apalagi, pada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap lingkungan. Selain suara, kenyamanan tempat tidur, pencahayaan dan berbagai hal lain disekitar kita dapat membuat kita menjadi sulit untuk tidur.
  • Faktor Lain
Masih banyak faktor lain yang menyebabkan kita menjadi sulit tidur. Misalnya saja, kebiasaan kita minum minuman yang bersifat simultan sehingga membuat kita sulit tidur.  Kebiasaan kita untuk melewatkan jadwal tidur kita karena beraktivitas (misalnya menonton tv hingga tengah malam) juga dapt membuat kita terbiasa tidur malam, dan akhirnya kita akan kesulitan tidur diwaktu normal.

Mengetahui penyebab kita mengalami sulit tidur sangatlah penting untuk membantu kita mencari tahu cara mengatasinya yang tepat. (Taz)
Read More...

Friday, February 20, 2015

Pentingnya Tidur yang Cukup di Malam Hari

Leave a Comment

Malam hari merupakan waktu yang sangat penting untuk beristirahat. Waktu tidur yang baik bagi orang dewasa dalam keadaan sehat adalah sekitar 7 hingga 8 jam sehari. Namun masalah sulit tidur terkadang membuat kita menjadi mengabaikan waktu istirahat kita. Padahal, tidur yang cukup ini sangatlah bermanfaat untuk kesehatan kita.

Selain bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan tubuh, pada saat kita tidur di malam hari ada beberapa hormon dalam tubuh kita yang hanya akan bekerja pada saat kita sedang dalam kondisi tidur. Karena itulah, tidur di waktu yang tepat dan cukup adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain dari hal diatas, ada banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dengan beristirahat yang cukup dimalam hari, antara lain:
  • Meningkatkan konsentrasi
Saat kita beristirahat di malam hari, maka otak akan beristirahat setelah lelah digunakan saat beraktifitas di siang hari. Otak yang mendapatkan waktu istirahat yang cukup, akan kembali segar dan siap untuk digunakan ketika kita bangun di pagi hari. Waktu tidur yang kurang, dapat membuat otak tidak dapat beristirahat maksimal dan dapat mengurangi konsentrasi kita saat beraktivitas keesokan harinya.
  • Meningkatkan memori
Orang yang memiliki waktu tidur, akan dapat memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan seseorang yang waktu tidurnya kurang. Saat kita terjaga, otak akan bekerja sangat keras untuk mengingat berbagai hal. Saat kita sedang beristirahat, ingatan tersebut akan semakin kuat.
  • Menjauhkan dari rasa stress
Waktu istirahat yang cukup akan membuat seseorang merasa segar ketika bangun di pagi hari. Tidak hanya pikirannya yang kembali segar, tetapi juga kondisi tubuh kita. Sehingga saat kita beraktivitas setelah bangun, emosi kita akan lebih stabil.
  • Mempercantik kulit
Selama proses tidur dimalam hari, sel-sel tubuh kita akan diregenerasi. Proses metabolisme kulit akan semakin cepat dan sel-sel tubuh akan mengalami peningkatan produksi juga mengurangi kerusakan protein. Hal inilah yang membuat tidur menjadi berpengaruh positif bagi kulit.
  • Mempengaruhi Berat Badan
Saat kita tidak tidur pada waktunya beristirahat, akan membuat kita merasa lapar dan akhirnya mengkonsumsi banyak karbohidrat. Hal ini akan mengganggu selera makan kita, dan akan berpengaruh buruk bagi berat badan kita.

Selain dari waktu tidur yang cukup, kualitas tidur juga merupakan hal yang sangat penting. Karena, tidur dalam waktu yang lama namun tidak berkualitas juga dapat mempengaruhi kesehatan. Karena itulah, penting untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas. (Taz)
Read More...

Thursday, February 19, 2015

Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Leave a Comment

Pada umumnya, setiap orang akan terjaga di siang hari untuk beraktivitas dan tertidur di malam hari. Namun, apakah tidur kita di malam hari adalah tidur yang berkualitas? Ataukah hanya sekedar tidur untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat saja? Sebenarnya, selain dari waktu tidur yang cukup, kualitas tidur ini juga sangatlah penting untuk diperhatikan.


Tidak sulit untuk menandakan apakah tidur kita berkualitas atau tidak, yaitu dengan melihat kondisi kita ketika bangun di pagi hari. Jika tidur kita berkualitas, maka saat terbangun di pagi hari seluruh rasa lelah baik di tubuh maupun otak kita telah hilang dan kita benar-benar merasa segar.

Tidur yang berkualitas ini akan sangat penting, karena dapat membuat tubuh dan otak kembali segar dan siap untuk beraktivitas. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas:
  • Buat lingkungan yang nyaman
Lingkungan sangat berpengaruh bagi kualitas tidur kita. Tingkat kebisingan, cahaya, suhu, kondisi kamar dan berbagai hal lainnya akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Misalnya saja kita harus terbangun dimalam hari untuk mengecilkan suhu AC karena merasa kedinginan, suara bising yang mengganggu tidur kita, cahaya yang menyilaukan mata kita meskipun saat terpejam.
  • Buat jadwal tidur
Buat jadwal tidur kita, dan jangan melanggar jadwal tersebut. Jika kita memiliki jadwal tidur jam 11 malam, maka selesaikan segala aktivitas sebelum jam 11 malam. Terutama jika aktivitas yang dikerjakan membuat otak kita bekerja dengan keras. Karena, otak membutuhkan waktu untuk dapat merasa tenang hingga kita tertidur dengan nyenyak.
  • Berolahraga teratur
Berolahraga dengan teratur dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Namun, ingatlah bahwa olahraga ini tidak dilakukan saat kita akan tidur.
  • Atur waktu tidur siang
Bagi yang memiliki kebiasaan tidur siang, atur waktu tidur siang dengan baik. Tidur siang yang terlalu lama dapat membuat kita mengalami kesulitan untuk tidur dimalam harinya.
  • Matikan Elektronik
Layar televisi, komputer atau handphone yang masih menyala dan mengarah pada kita dapat mengganggu kualitas tidur kita, dan bahkan dapat membuat kita sulit tidur. (Taz)
Read More...

Wednesday, February 18, 2015

Aman Mengkonsumsi Susu UHT

Leave a Comment

Bagi yang suka mengkonsumsi susu, pasti sudah tidak asing dengan susu UHT. Meskipun tidak asing dengan produknya, namun banyak yang belum memahami apa sebenarnya susu UHT itu. Umumnya, mereka hanya mengenal susu UHT ini karena ada beberapa merk susu terkenal yang mencantumkan tulisan “Susu UHT” pada kemasannya. Agar mengerti apa sebenarnya susu UHT, mari kita lihat penjelasannya berikut ini.

Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu segar yang mengalami proses pemanasa dalam suhu sangat tinggi (130OC – 150OC) dalam waktu yang sangat singkat (hanya beberapa detik) dan kemudian langsung mengalami proses pendinginan dalam suhu sekitar 4OC hingga 5OC. Tujuan dari proses pemanasan singkat di suhu yang tinggi ini adalah untuk membunuh berbagai mikroorganisme yang terkandung dalam susu, tanpa menghilangkan berbagai kandungan bermanfaat yang terdapat dalam susu. Selain itu, untuk mempertahankan rasa, aroma dan warna susu, kecuali pada susu yang diberikan perasa (rasa cokelat, strawberry).

Susu UHT ini diproduksi menggunakan mesin yang terjamin kebersihannya (higienis) dan jarang melibatkan langsung tangan manusia hingga proses pengepakannya, sehingga akan lebih higienis. Penyimpanan susu inipun cenderung lebih mudah, karena selama kemasan mash tertutup rapat, susu ini dapat bertahan cukup lama meskipun tidak disimpan dalamlemari es. Sementara, jika kemasan susu sudah dibuka sebaiknya susu disimpan dalam lemari es dan jangan meminumnya jika penyimpanan sudah melebihi 1 hari.

Susu UHT ini sering dipilih oleh konsumen karena kemasannya yang sangat praktis (tersedia berbagai ukuran) sehingga konsumen bisa memilih ukuran kemasan yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Meskipun begitu, bagi orang tua yang masih memiliki anak berusia di bawah 1 tahun ada baiknya jika tidak memberikan susu UHT ini. Jika memang ingin memberikan susu UHT pada anak berusia dibawah 1 tahun(minimal usia 9 bulan), cairkan terlebih dahulu susu UHT ini, karena pada usia dibawah 1 tahun pencernaan bayi masih sangat rentan.

Saat membeli susu UHT, perhatikan baik-baik kondisi kemasannya. Jika kemasan sudah mengalami kerusakan, maka ada kemungkinan telah terjadi kebocoran pada kemasannya. Mengkonsumsi susu yang telah mengalami kebocoran, akan berbahaya bagi kesehatan karena ada kemungkinan telah terdapat bakteri serta mikroorganisme lain dalam susu tersebut. (Taz)
Read More...

Saturday, February 14, 2015

Tips Agar Rumah Terasa Sejuk dan Nyaman

Leave a Comment
Memiliki rumah yang sejuk dan terasa nyaman pasti adalah impian bagi setiap orang. Banyak orang yang bahkan rela mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk membuat rumahnya terasa nyaman sesuai dengan
impiannya. Namun, banyak orang yang memiliki budget terbatas berfikir bahwa mereka tidak bisa memiliki rumah yang sejuk dan nyaman. Padahal, kalau kita bisa mengetahui trik nya, kita bisa juga membuat rumah kita sejuk tanpa harus mengeluarkan budget yang fantastis.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat rumah kitaterasa sejuk dan nyaman.
  • Ventilasi
Berikan ventilasi udara yang cukup akan membuat rumah terasa lebih sejuk. Pada beberapa rumah yang menggunakan AC, umumnya ventilasi udara ini tidak diperhatikan dan justru membuat rumahnya tanpa ventilasi dengan tujuan agar udara yang keluar dari AC tidak terbuang keluar. Padahal, rumah tanpa ventilasi ini tidak baik karena tidak ada pergantian udara sama sekali. Ada baiknya membuat ventilasi yang bersifat fleksibel (bisa dibuka tutup), sehingga saat AC sedang tidak dinyalakan udara akan tetap bersirkulasi dengan baik.
  • Plafon
Plafon yang terlalu rendah akan membuat sirkulasi udara menjadi tidak lancar dan menumpuk di dalam rumah. Kecenderungan udara akan mengalir dari suhu yang dingin ke panas, dan suhu panas akan berada pada sekitar plafon. Membuat plafon cukup tinggi dan memberikan seperti exhaust fan akan membantu membuang udara panas yang berkumpul di plafon ke atap.
  • Warna Cat
Pemilihan warna cat yang tepat akan membentuk persepsi yang positif. Warna terang dapat memberikan kesan luas, sementara warna seperti biru dan hijau dapat memberi kesan menyejukkan. Kita juga bisa menggunakan warna netral (putih) jika kita tidak suka dengan warna yang bermacam-macam.
  • Ruangan
Jumlah ruangan akan memberi kesan rumah kita terasa nyaman atau tidak. Rumah yang dipenuhi oleh berbagai macam ruangan akan membuat kesan rumah tersebut sempit. Selain terasa sempit dan kurang nyaman, terlalu banyak jumlah ruangan juga bisa mengurangi kesejukan pada rumah. Apalagi, jika rumah sudah dipenuhi oleh ruangan dipenuhi juga oleh berbagai barang-barang.
  • Taman
Sediakan tempat untuk membuat taman di rumah. Meskipun taman hanya berukuran kecil, namun akan dapat membuat rumah terasa sejuk dan nyaman.

Membangun rumah yang sejuk dan nyaman adalah dambaan setiap orang. Namun, jangan lupa bahwa kondisi di dalam rumah (keluarga) juga menentukan kenyamanan seseorang berada di dalam rumah tersebut. (Taz)
Read More...

Monday, February 2, 2015

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kulit Wajah Kering

Leave a Comment

Penampilan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Namun, kulit yang kering terkadang membuat penampilan kita terlihat kurang maksimal. Apalagi, jika kulit kering ini terjadi pada bagian wajah. Kulit wajah yang kering akan membuat wajah kita terlihat kusam dan tidak menarik. Selain itu, jika kulit kering ini tidak segera diatasi dengan cara yang tepat, juga dapat berbahaya bagi kesehatan kita.

Seringkali, kita hanya berfokus pada cara mengatasi kulit kering. Padahal, akan lebih baik jika kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, dan barulah mencari tahu cara mengatasinya. Berikut ini, adalah beberapa kebiasaan yang membuat kulit kita menjadi kering:
  • Kurang minum air putih
Aktifitas sering membuat seseorang tidak begitu memperhatikan kebutuhan cairan dalam tubuhnya. Misalnya saja, ketika sedang sibuk bekerja dan minuman di meja sudah habis, banyak yang merasa malas untuk berjalan untuk mengisi kembali minumnya. Tubuh yang kekurangan cairan bisa menjadi membuat kulit di wajah menjadi kering dan terlihat kusam. Apalagi, dengan ruangan kantor yang ber-AC membuat kulit akan lebih cepat kering. Sehingga, sangat penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum yang cukup.
  • Menggunakan pelembab terlalu tebal
Pelembab dapat membuat kulit menjadi terjaga kelembabannya, namun pemakaian pelembab secara berlebihan justru berdampak pada kulit kering. Penyebabnya, karena kulit mati yang terdapat pada wajah terjebak akibat pelembab yang terlalu tebal, dan kemudian menumpuk hingga menimbulkan noda hitam pada wajah. Sebaiknya, gunakan pelembab dalam jumlah yang wajar saja agar pelembab dapat bekerja dengan efektif.
  • Penggunaan scrub yang salah
Banyak orang yang memiliki kulit wajah kering tidak mau menggunakan scrub karena takut kulit wajahnya semakin kering. Padahal, scrub dibutuhkan oleh kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Karena itulah, bagi yang memiliki kulit wajah kering, sebaiknya tetap menggunakan scrub setidaknya 1 bulan sekali. Sementara, ada juga yang menggunakan facial foam yang mengandung scrub lebih dari 2 kali sehari. Scrub memang bermanfaat, namun penggunaan yang berlebihan akan merusak sel-sel kulit yang masih baik. Penggunaan scrub yang baik yaitu setidaknya 2 minggu sekali.
  • Terlalu sering mencuci muka
Meskipun facial foam tidak mengandung scrub, namun ada baiknya membatasi penggunaannya. Terlalu sering mencuci muka dengan facial foam akan membuat kelembaban kulit berkurang. Selain itu, jangan gunakan sabun madi untuk mencucu muka. Sebaiknya, hindari juga terlalu sering mencuci muka dengan air hangat, karena air hangat dapat menghancurkan lapisan lemak di kulit yang merupakan pelembab alami kulit. (Taz)
Read More...
.