Tuesday, January 27, 2015

Daftar J-Dorama dengan Tema Detektif

Leave a Comment
Tema detektif masih memiliki banyak sekali penggemar. Selain menghibur, dalam drama yang mengambil tema detektif penonton juga di ajak untuk ikut berfikir. Jepang adalah salah satu negara yang cukup sering mengambil tema ini pada dorama (drama) yang dibuatnya. Beberapa diantaranya merupakan live action dari manga (komik Jepang) ataupun anime (kartun Jepang). Ada beberapa perubahan cerita yang terkadang dibuat pada versi manga atau anime dengan versi live action. Meskipun begitu, J-Dorama dengan tema detektif ini tetaplah bagus dan menarik untuk disaksikan.

Berikut ini adalah beberapa J-Dorama dengan tema Detektif (pilihan penulis) :
  • Tantei Gakuen Q

Tantei Gakuen Q atau dikenal juga dengan Detective School Q menceritakan tentang sebuah sekolah detektif yang didirikan oleh seorang detektif ternama di Jepang, bernama Dan Morihiko. Di sekolah ini, terdapat sebuah kelas yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi penerus Detektif Dan, kelas ini di sebut kelas Q (Q Class). Dalam kelas ini terdapat 5 oang siswa dengan kemampuan berbeda yaitu Kyu (Ryunosuke Kamiki) dan Amakusa Ryuu (Ryosuke Yamada) yang pandai dalam menganalisa sebuah kasus, Megu (Shida Mirai) yang memiliki photographic memory, Kenta (Jun Kaname) yang memiliki kemampuan beladiri dan Kazuma (Katsumi Wakaba) yang ahli dibidang komputer. Kelima anggota Q class bekerjasama menggabungkan kelebihannya masing-masing untuk memecahkan kasus aneh yang dilatarbelakangi oleh sindikat penjahat bernama “Meiosei”. Konflik dimulai ketika ternyata salah satu anggota kelas ini memiliki hubungan dengan sindikat tersebut.
  • Detective Kindaichi
Detective Kindaichi menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Hajime Kindaichi yang merupakan
cucu seorang detektif terkenal di Jepang bernama Kosuke Kindaichi. Tidak seperti kisah detektif lain yang menggambarkan kepintarannya di Sekolah, Hajime Kindaichi justru terkenal pemalas dan tidak sopan. Hajime Kindaichi hanya akan mengeluarkan kepintarannya ketika menganalisa sebuah kasus yang sedang dihadapinya. Dorama ini telah dibuat dengan beberapa pemain berbeda sebagai pemeran kindaichi, yaitu Tsuyoshi Domoto (Tahun 1995-1996), Jun Matsumoto (2001) dan Ryosuke Yamada (2013-2014).

  • Hidarime Tantei Eye
Menceritakan  tentang seorang anak SMP tahun ke-2 bernama Ainosuke Tanaka (Ryosuke Yamada) yang menerima transplantasi kornea pada mata kirinya dari kakak laki-lakinya yang bernama Yumehito Tanaka (Yu Yokoyama). Setelah menerima transplantasi tersebut, Ainosuke bisa melihat berbagai hal aneh yang mengantarkannya pada beberapa tindak kejahatan yang dilakukan oleh kakaknya. Bersama dengan suster di Sekolahnya yang bernama Hitomi (Satomi Ishihara), Ainosuke kemudian mulai menyelidiki berbagai hal dengan bantuan penglihatan pada mata kirinya.


  • Shirato Osamu no Jikenbo
Shirato Osamu (Yudai Chiba) seorang lulusan universitas yang sudah 2 tahun menganggur tiba-tiba
dikejutkan dengan kehadiran sahabat lamanya, yaitu Kurosaki Hitoshi (Kanata Hongo). Lama tidak bertemu, tiba-tiba Kurosaki Hitoshi datang dan meminta bantuan pada Shirato Osamu untuk menolongnya dari tuduhan kasus pembunuhan. Setelah sukses menyelesaikan kasus pertamanya dan menolong sahabat kecilnya, Shirato kemudian terlibat pada berbagai kasus lainnya, hingga akhirnya ia menemukan sebuah kenyataan menyedihkan tentang sahabatnya.



  • Nazotoki wa Dinner no Ato de
Menceritakan tentang Reiko Hosho (Keiko Kitagawa) yang merupakan pewaris sebuah perusahaan besar
dan terkenal, yang bekerja sebagai seorang detektif dengan menyembunyikan identitas aslinya. Reiko memiliki seorang pelayan setia bernama Kageyama (Sho Sakurai) yang selalu siap melayani Reiko kapanpun, dan selalu mengawasi setiap kali Reiko bekerja. Tidak hanya itu, Kageyama bahkan membantu Reiko memecahkan setiap kasus yang dihadapi oleh Reiko, dan semua kasus akan diselesaikan setelah makan malam selesai. (Taz)

0 komentar:

Post a Comment

.