Tepat Memilih Atap Rumah


Atap rumah adalah bagian yang sangat penting dari suatu rumah. Pemilihan atap yang tepat haruslah sangat di perhatikan, karena akan sangat berpengaruh terhadap penampilan luar rumah dan juga kenyamanan serta keamanan penghuni rumah. Atap yang tidak kokoh dan berkualitas tidak baik seringkali menyebabkan
terjadinya kebocoran pada rumah. Untuk mengatasi kebocoran ini, orang biasanya akan menggunakan cat pelapis. Akan tetapi, atap yang berkualitas buruk sebenarnya juga bisa berbahaya bagi keselamatan penghuni rumah.

Karena saat ini banyak orang yang ingin rumahnya di bentuk tidak hanya menggunakan atap standar sa, saat ini tersedia berbagai jenis atap rumah yang dapat di pilih oleh konsumen. Perbedaannya terletak pada bentuk serta bahan yang di gunakan. Konsumen bisa memilihnya sesuai dengan selera yang di inginkan, namun tetap harus memperhatikan hal-hal berikut:
  • Kondisi Cuaca
Analisa terlebih dahulu bagaimana kondisi cuaca dan suhu di lingkungan sekitar. Karena suhu dan cuaca akan sangat mempengaruhi keawetan atap. Tentunya kita tidak ingin jika harus sering mengganti atap karena rusak akibat kedua faktor ini kan?
  • Instalasi Atap
Jika kita memang ingin memasang atap sendiri, sebaiknya pilih atap yang pemasangannya paling mudah. Namun, sebaiknya pemasangan atap diserahkan pada ahlinya, karena jika atap sudah selesai terpasang dan terjadi kebocoran akibat pemasangan yang salah maka akan sulit mengatasinya.
  • Bentuk Rumah
Memilih atap yang tepat di sesuaikan dengan bentuk rumah yang akan di bangun. Konsultasikan hal ini pada arsitek yang merancang rumah, namun tetap pilih atap yang sesuai dengan kondisi cuaca sekitar. Dengan begitu, rumah akan tetap terlihat indah sesuai keinginan kita namun atap akan tetap awet.
  • Kualitas Produk
Pilih atap dengan bahan yang berkualitas, dan minta garansi pada toko tempat membeli atau produsennya. Dengan begitu barang yang kita dapatkan akan terjamin.
  • Harga
Walaupun menginginkan atap yang berkualitas baik, namun sesuaikan juga harganya dengan kemampuan kita. Jangan membeli dengan harga diatas kemampuan kita. (Taz)

Comments