Berbagai Tempat Wisata di Kuningan, Jawa Barat


Ketika hari libur tiba, sebagian besar warga Jakarta pasti akan memanfaatkannya untuk berwisata bersama keluarga. Biasanya, daerah yang dituju adalah Bandung, Bogor atau Puncak. Tempat itu di pilih karena memiliki jarak yang cukup dekat dengan kota Jakarta. Akan tetapi, mengunjungi tempat yang sama terus menerus lama-lama pasti bosan juga kan? Nah, kenapa tidak kita coba untuk mengunjungi tempat wisata yang lain untuk mengisi hari liburan kita. Walaupun jaraknya tidak sedekat Bogor, Bandung atau Puncak, tapi tempat wisata ini pasti tidak akan mengecewakan.

Berbagai tempat wisata yang akan kita bahas kali ini, berlokasi di daerah Kuningan, Jawa Barat. Penasaran? Yuk kita bahas satu per satu:
  • Curug Sidomba
Curug artinya air terjun, sedangkan Sidomba yang artinya Domba. Nama Curug Sidomba diberikan karena didaerah ini terdapat banyak domba yang memiliki tanduk lebih dari 2 (sumber: wikipedia). Curug ini berada di desa Peusing kecamatan Jalaksana, dan merupakan sebuah air terjun buatan dengan ketinggian 3 meter. Bagi yang senang menikmati air yang terjun bebas, harus siap-siap kecewa karena kita tidak bisa berendam di bawah air terjun. Air terjun ini hanya dapat di lihat saja. Tetapi jangan kecewa dulu, karena di lokasi ini dilengkapi dengan wisata perkemahan dan outbound. Jadi berwisata bersama keluarga ke daerah ini, juga tidak akan mengecewakan.
  • Taman Purbakala Cipari
Bagi yang senang dengan wisata sejarah, datang ke Taman Purbakala ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Taman Purbakala ini terletak di Kampung Cipari, Desa Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Untuk mencapai taman purbakala ini, diperlukan perjuangan yang cukup lama. Bukan karena kondisi jalannya, tetapi karena kurangnya petunjuk untuk mencapai taman ini. Bagi yang belum familier dengan daerah ini, pasti harus sering bertanya pada penduduk lokal untuk mencapai taman ini.



Taman Purbakala Cipari merupakan Situs peninggalan manusia purbakala
pada masa Neolitik, dan ditemukan oleh penduduk pada tahun 1972. Peninggalan pertama yang ditemukan yaitu, sebuah Peti Kubur berukuran besar, namun didalamnya hanya berisi periuk, kendi, gelang batu, dan berbagai benda lainnya. Seluruh benda yang ditemukan dalam situs ini terjaga dengan baik di Taman Purbakala ini. Bagi yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai Taman Purbakala ini, akan ada penjaga yang siap untuk menerangkan sejarah Taman Purbakala ini secara lengkap.
  • Curug Putri
Curug Putri yang terkenal berada di daerah Palutungan ini berada di wilayah Hutan Wisata yang di kelola oleh Perum Kehutanan Kabupaten Kuningan. Pengunjung dapat bebas bermain air, bahkan berada tepat di bawah air yang terjun bebas. Untuk mencapai air terjun inipun tidaklah sulit, karena hanya perlu berjalan sedikit dari pos pintu masuk. (Taz)

Comments